Minggu, 16 Maret 2014

Membuat Karya Tulis Yang Mendapatkan Pujian !

Aku masuk kelas dua PAL,Pengetahuan Alam, tanpa mengalami kesulitan dalam pelajaran, karena sudah menjadi kebiasaanku untuk senang baca buku, namum dalam perjalanan hidup selama dua tahun, selama kelas dua dan tiga SMA Tebingtinggi, aku mencatat beberapa hal yang diluar dugaanku. Pertama aku ditunjuk oleh kawan-kawan karena maju dalam pelajaran, menjadi Ketua PP, Pengurus Pelajar SMA Negeri Tebingtinggi. Karena pembawaanku yang kurang gaul,agak minder, maka hal ini menjadi masalah besar bagiku, namun guru-guruku mendukung, justru hal itu membuat aku makin terpojok, mau mundur tidak bisa,maju terus sangat sulit bagiku, merobah kepribadian, yang tadinya anak pendiam menjadi anak gaul. Namun akhirnya atas pertolongan Tuhan, satu pekerjaan besar terlaksana juga,yaitu Mengadakan Perayaan Natal seluruh SMA Tebingtinggi, dengan mengundang seluruh tokoh masyarakat, seperti Muspida Kota Madya Tebing, dan para pimpinan dan guru seluruh SMA yang ada di Kota Madya Tebingtinggi.Kedua setelah aku kelas tiga SMA Tebingtinggi, kepengurusan PP SMA menjadi tanggung jawab anak kelas dua,karena anak kelas tiga sudah harus mempersiapkan diri mengikuti ujian akhir. Nah dalam tengah tahun pelajaran di kelas tiga ini Ayahku jatuh sakit, dan setelah konsultasi kesana kemari, dokter memutuskan harus operasi,saat itu operasi usus buntu masih dianggap operasi besar, sekarang aja hal itu dianggap kecil. Aku dan bapakku berunding,

kami berdua,tanpa diketahui ibuku dan adik-adik,kalau operasi gagal,maka aku akan stop sekolah,lalu adik-adik akan lanjut sekolahnya,yaitu adik yang tiga orang, Renti, Riomsi dan Ober. Singkat ceritra,operasi berjalan sukses, begitu Ayahku sadar, maka yang pertama dia panggil adalah aku, baru ibuku dll,karena hanya boleh masuk keruangan hanya satu persatu. Puji Tuhan,akupun bertekad akan terus sekolah lagi,karena Ayahku sudah sehat kembali. Ketiga Aku mengikuti Ujian Akhir,dan akulah satu-satunya murid SMA di Tebingtinggi,yang mendapat hasil Istimewa. Bagi yang lulus,ada tiga pengelompokan,yaitu Cukup, Baik dan Istimewa. Dan saat itu ada kewajiban membuat Karya Tulis, aku pilih judulnya Politik Duni Sangat Dipengaruhi oleh Siapa yang menguasai Minyak Dunia, semua guru terpukau, aku sendiri biasa saja,karena aku memang hobby baca biografi orang-orang besar,seperti Bung Karno, JF Kennedy. Keempat,aku pulang dulu ke Samosir, sebelum meninggalkan kota Tebing, melihat Ompungku dan saudara-saudara yang lain,termasuk melihat Cinta Pertamaku,KN, walau aku pernah kecewa dgn dia,tapi sewaktu kelas tiga SMA,dia ngirim surat kpdku, melalui temannya yang menikah dgn saudara jauh,kuartikan dia mau berbaikan lagi rupanya. Saya datangi dia ke tempatnya, tempat dimana Ayahandanya berpraktek sbg Mantri Kesehatan, semula dia berlagak nggak kenal juga, begitu aku mau pamit, dia suruh aku agar minum dulu,namun tempatnya tidak mengijinkan,karena ramai,aku pamit untuk pulang, dan bilang,mau testing nanti di Medan,diapun bilang hal yang sama. Semuanya ini membuat aku makin dewasa. Puji Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar