Senin, 10 Maret 2014

Hal-hal yang kuingat sebelum masuk Sekolah Dasar (SR).



Saya lahir tanggal 28 Agustus 1947, lalu masuk sekolah pada usia enam tahun, tepatnya pada bulan Agustus juga, tahun 1953 di Negeri Simarmata. Dibawah umur enam tahun, tentulah terbatas, hal yang dapat saya ingat. Orang tuaku ceritra, aku dilahirkan di rumah Ompungku yang ada di Lumbanbolak. Ompungku adalah anak ketiga dari empat mereka bersaudara, masing-masing Ompu Jabontor, Ompu Jones, Ompu Berlin dan Ompu Kasmer, ayah mereka adalah Ompu Ajam Simarmata, mereka berempat tanpa saudara perempuan.
Setelah aku agak besar, mungkin usia tiga atau emat tahun, kami pindah dari Lumbanbolak ke Banjarbolak. Ompungku yang nomor satu dan nomor tiga tinggal tetap di Lumbanbolak, huta yang dibangun Ayah mereka, lalu Ompungku yang nomor dua dan nomor empat, atau tepatnya Ompu Jones membangun huta, dalam bahasa Batak disebut Mamungka Huta,namanya huta Banjarbolak,lalu dia ngajak adiknya Ompu Kasmer bersama dia di huta itu. Nah disitulah kuingat kami tinggal beberapa lama, dalam satu rumah sederhana. Seingatku saat itu aku sudah punya adik perempuan dua orang, yg paling tua namanya Uli boru Simarmata, dan Renti boru Simarmata. Entah terserang penyakit apa, itoku Uli ini sakit parah, mungkin disentri, lalu meninggal, masih sempat terbayang wajahnya,namun yg kuingat dia sangat baik perilakunya, sesuai dengan namanya ULI, berbeda dgn adiknya yang karakternya keras. Selainnya tidak ada yang kuingat, maksudku berbekas dalam memoryku. Imada !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar