Rabu, 26 Maret 2014

Berorganisasi di GMKI dan KM ITB.

Mencintai dan Dicintai adalah Kebutuhan hidup manusia normal. Setelah Cinta Pertamaku gagal, dengan telah menikahnya KN, tentulah bukan pemuda normal,kalau berputus asa karenanya, Patah Tumbuh Hilang Berganti kata Pepatah. Maka kucobalah menghubungi boru Silalahi Sidabariba,yang kukenal di Medan, saat aku datang ke rumah mereka,mengantar kiriman abangnya dari Bandung,berupa berkirim surat,ha........., ketahuanlah bahwa dianya masih sangat muda belia,maklum baru lulus SMP, namun ada perkembangan baru mereka sekeluarga pindah ke Jakarta, dan dia sekolah di SMA Tarakanita, sementara aku nunggu situasi dan kondisi berkembang sedemikian rupa. Di GMKI Bandung, aku mulai ikut kursus pengkaderan, cara berorganisasi, kepemimpinan atau leadership. Saya menjadi Sekretaris GMKI Komisariat ITB, kemudian bertambah lagi menjadi Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB, lalu menjadi Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa ITB, lalu Wakil Ketua GMKI Cabang Bandung. Ada beberapa pengalaman menarik untuk dikenang. Tatkala GMKI Bandung mengadakan konperensi  Cabang Bandung, aku yang hadir sebagai wakil Komisariat ITB, terpilih jadi Ketua Persidangan. Barulah aku memahami betapa sulitnya memimpin sidang itu, mahasiswanya dari berbagai Universitas, ada yg dari ITB, Unpad, Unpar, dll, jelas mereka lebih pintar bermain kata-kata, karena sekolahnya ada yang Hukum, Sosial dan ada juga Kedokteran,dan ITB kebanyakan orang teknik. Kami rapat satu hari penuh, terus berdebat, sana sini ngomongnya, namun aku dengan percaya diri, berani saja mengambil kesimpulan, yang pada mulanya banyak diprotes oleh peserta sidang. Lain lagi tatkala memimpin sidang di MPM ITB, aku dgn Ketua MPM bergantian mimpin sidang. MPM ITB adalah kumpulan para senator atau wakil dari seluruh himpunan mahasiswa yang ada di ITB, setiap jurusan punya Himpunan Mahasiswa. Anggota MPM ITB beranggotakan hampir 60 mahasiswa dan pimpinannya ada tiga orang,dan dibantu seorang Sekum, yang ngurusin administrasi. MPM adalah lembaga tinggi mahasiswa, dialah yang ngangkat Ketua Dewan Mahasiswa ITB. Para anggota MPM itu berkampanye,layak calon anggota Legislatif yang sekarang ini. Sering rapat MPM itu sampai malam, terutama saat pemilihan Ketua Dewan dan pertanggung jawaban Dewan Mahasiswa. Walau mereka orang teknik, tapi dasarnya mereka adalah orang-orang pintar, sehingga pengetahuan umumnya luas. Saat itu kami bangga, ada dua orang Simarmata yang pernah jadi pimpinan MPM ITB,yaitu Jamester Simarmata dan Berlin Simarmata. Pengalaman lain, saya pernah hadir dalam Kongres dan Konperensi GMKI secara Nasional di kota Malang, saat itulah aku berkenalan dengan Bungaran Saragih yang pernah jadi Menteri Pertanian, dan beberapa tokoh GMKI. Pernah juga aku ikut Dewan Mahasiswa ITB, sebagai Wakil Ketua MPM observer, pada Pertemuan seluruh Dewan Mahasiswa Seluruh Indonesia di Bali, tepatnya di Universitas Udayana. Dalam rangka kunjungan ke berbagai kampus, sudah mengunjungi Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro dan IPB-Bogor.
Soal Cinta, ada ganjalan, kurang mulus, karena DS berobah pandangan setelah dia SMA di Jakarta,pernah kudatangi kerumahnya,agak cuek-cuek bangat,he.....biasalah Simarmata mana mau mengemis cinta,yah kalau kamu ada pilihan lain,yah kita putus saja,akhirnya tidak sempat berkembang, walau tadinya ada juga harapan akan jadi pasangan suami istri,ternyata jodoh itu ada ditangan Tuhan !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar