Minggu, 09 Maret 2014

Kenapa Nama Saya Berlin ?

Ayah Saya memberi Saya nama Berlin. Kenapa ? Bagi orang Batak Toba, atau biasa disebut juga Batak Tapanuli Utara, sebelum dipisah-pisah seperti sekarang ini, nama DR. Nommensen adalah Penginjil terbesar, sehingga sering disebut sebagai Rasulnya Orang Batak, karena dia lah yang paling berjasa dalam membawa agama Kristen ke Tanah Batak. Sekarang terlihat dari usahanya,adanya Gereja HKBP,yang beranggotakan Jemaat sekitar lima juta orang, dan sering dapat predikat sebagai Gereja Terbesar di Asia Tenggara. HKBP adalah Gereja Lutheran, yang mengikuti aliran Marthin Luther, seorang Pendeta atau Pastor Jerman yang mengadakan pembaharuan kepada agama induknya yaitu Katholik. Nah begitulah kesan yang tertera dalam benak Ayah Saya, bahwa Orang Jerman itu begitu berjasa yang telah membawa agama Kristen ke Tanah Batak, sedangkan Orang Belanda dalam benaknya adalah Penjajah. Maka tidak usah heran bahwa banyak orang Batak menunjukkan kekagumannya pada orang Jerman, dengan memberi nama anaknya Bismark, Berlin dan Hitler. Jadi terjawablah, bahwa saya diberi nama Berlin oleh Ayah Saya adalah dalam rangka itu, dan karena saya bermarga Simarmata,maka nama lengkap saya adalah Berlin Simarmata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar