Sabtu, 26 April 2014

Bersosialisasi dengan Naposo Simarmata di Medan.

Saya tidak lama bertugas di Medan, hanya dua tahun,mulai 1986 sampai dengan tahun 1988. Disamping tugas-tugas utama kantor, dimana Saya memegang jabatan Deputy Pemimpin PLN Wilayah Sumut, maka Saya pun menyempatkan diri menghadiri tugas-tugas Adat yang berkaitan dengan Keluarga Besar Ompu Berlin Simarmata, pertama Saya harus menghadiri Pesta Pemakaman Amangtua Ompu Raja Olo Simarmata di Lumban Bolak Simarmata, sebelumnya ada juga Pesta Saur Matua dari Ompu Raja Olo Simarmata.
Ompu Raja Olo Simarmata,adalah anak tertua dari Ompung kami Berempat Bersaudara, yaitu Ompu Jabontor, Ompu Jones, Ompu Berlin dan Ompu Kasmer. Abang Jabontor adalah anak tertua dari Ompu Raja Olo Simarmata. Kedua Saya,harus menghadiri Pemakaman Amangboruku Ompu Marudut Nainggolan, sebelumnya Ompu Marudut Boru,yaitu Namboruku yang paling tua, telah dipanggil Tuhan duluan, jadi sempat juga beberapa lama Amangboru ku ini menduda. Kami hadir sebagai Hula-hula di Pesta itu, Pesta yang diadakan di Sidabagas Simarmata. Acara lain pernah juga aku menghadiri Pesta Pernikahan Anaknya Namboru yang ada di Bandar Habatu,dekat Perdagangan. Kami hadir sebagai Hula-hula, Namboru ku ini menikah dengan marga Silalahi,yang dalam urutannya adalah namboru nomor lima dan Halomoan adalah anaknya yang pertama. Dan beberapa adat-adat lain yang sempat saya hadiri selama saya bertugas di Medan-Sumut. Kegiatan lain adalah saya mulai mengadakan pendekatan terhadap Naposo Simarmata di Medan, saat itu antara lain yang jadi Ketua Napososo adalah Razat Simarmata, Jahormin Simarmata, yang kemudian hari kami sering bekerja sama di Jakarta,mengurusi Punguan Simataraja Simarmata. Kepedulian Saya saat itu kutunjukkan adalah Membantu Kegiatan Naposo Simarmata mengadakan Pesta Natal Simarmata di kota Medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar